Thursday, September 25, 2014

Bagi - Bagi ( share ) wifi via laptop/pc

Pingin Punya hotspot pribadi di rumah mungkin banyak sekali manfaatnya buat anda yang suka internetan. Koneksi melalui Wifi saat ini memang sedang populer, terlebih banyak sekali gadget yang mendukung koneksi internet melalui Wifi. Dan juga semakin banyaknya hotspot gratisan yang tersebar di berbagai tempat seperti di mall-mall maupun di cafe. Tapi bagi anda yang tidak mau repot untuk keluar rumah, hanya untuk mencari jaringan Wifi gratisan demi bisa internetan, anda pun bisa membuat koneksi Wifi Hotspot sendiri di rumah. Hanya dengan bermodal laptop dan modem internet, anda sudah bisa membuat hotspot sendiri di rumah. Kenapa anda harus bisa membuat sendiri hotspot di laptop? Manfaatnya banyak sekali, salah satunya, hanya dengan bermodal 1 koneksi internet ataupun 1 modem, anda bisa berbagi koneksi internet tersebut ke semua perangkat yang sudah mendukung koneksi Wifi. Terlebih bagi anda yang saat ini memiliki gadget atau  tablet
yang hanya mendukung koneksi internet hanya melalui Wifi saja, tidak mungkin kan anda harus tiap hari keluar rumah mencari jaringan Wifi hanya untuk internetan.
Kemudian satu lagi kegunaan menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot pribadi. Jika anda internetan menggunakan SSH, yang notabene kecepatannya lebih whuzzz daripada ISP di Indonesia, mubazir kalo koneksi yang whuzz tersebut hanya bisa dinikmati untuk laptop saja. Lebih baik anda share koneksi tersebut sehingga keluarga ataupun teman anda di rumah yang memiliki gadget dengan dukungan Wifi bisa ikut menikmati internet.Untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot, cara yang akan saya bagi kali ini adalah menggunakan bantuan software yang bernama Connectify. Pasti banyak yang sudah tahu tentang software Connectify ini. Sebenarnya ada juga sih cara membuat hotspot pribadi di laptop tanpa bantuan software apapun, akan tetapi saya merasa dengan bantuan software Connectify ini setingan akan terasa lebih mudah.
berikut caranya

1. Download aplikasi Connectify dari situsnya: https://www.firedrive.com/file/6CCE90FC581AE084

2. Setelah diinstal jalankan aplikasinya, isi nama SSID Hotspot dan Password untuk mengaksesnya. Pada bagian Internet pilih tipe koneksi internet yang akan dishare. Karena kebetulan laptop saya koneksi internetnya dapet dari WiFi, maka pada bagian Internet ini saya memilih Wireless Network Connection. Pada bagian Advanced biarkan saja apa adanya, kemudian klik tombol Start Hotspot untuk memulai membuat laptop menjadi hotspot.



3. Sekarang laptop Anda sudah berubah menjadi hotspot, silahkan ajak temen-temen untuk mencoba internetan lewat hotspot Anda tersebut. Untuk mengetahui siapa aja yang terhubung ke hotspot Anda, klik tab Clients. Pada gambar dibawah terdapat 2 devices yang terhubung ke hotspot laptop.


Sejauh ini membuat laptop menjadi hotspot dengan aplikasi Connectify ini berjalan dengan lancar. Dalam percobaan ini saya menggunakan laptop Dell Vostro 3530 dengan Windows 7 64 bit sebagai sistem operasinya (Connectify ga support Vista atau Windows XP).

No comments:

Post a Comment

Files